Halo Wajah Ayu !!! Selamat datang di blog solusi sehat badan, blog khusus berbagi tips kesehatan dan perawatan kecantikan

Cara Mencerahkan Kulit Wajah dengan Beras

Wajah Ayu. Tidak banyak yang tahu, air beras ternyata juga punya khasiat spesial dalam hal perawatan kulit wajah. Di tengah beragamnya banyak produk kecantikan dan bahan-bahan herbal untuk kesehatan kulit lainnya, cara mencerahkan kulit wajah dengan beras juga cukup ampuh dan sering disarankan oleh pakar kesehatan.

Ada satu zat istimewa dalam beras yang memiliki manfaat optimal sebagai perawat kulit, yakni oryzanol. Zat ini bahkan bisa menjadi penangkal sengatan sinar ultraviolet matahari, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kolagen. Tidak hanya itu, kandungan lain yang ada di dalam beras seperti hemiselulosa, protein glutein, vitamin, dan selulosa juga punya banyak kegunaan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Cara membuat kulit wajah menjadi cerah 

Cara mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan bahan beras, dapat dilakukan dengan dua metode yang sangat sederhana. Anda boleh memilih salah satu dari dua opsi di bawah ini.

Pertama, caranya hanya dengan mencampurkan beras dengan air biasa. Anda hanya butuh beras sebanyak seperempat kilogram saja, kemudian diaduk-aduk di dalam air pada sebuah wadah. Setelah teraduk merata, ambil airnya saja dengan cara disaring. Sangat disarankan, sebaiknya menyaringnya hingga tiga atau empat kali supaya bersih. Nah air beras ini bisa dipakai untuk membasuh muka. Anda bisa menyimpannya di lemari es, dan bisa dipakai hingga seminggu ke depan. Jika ingin lebih efisien, bisa juga kalau mau memanfaatkan bekas air cucian beras yang dimasak sehari-hari.

Sedangkan cara yang kedua, dapat dilakukan dengan menghaluskan beras yang dibungkus dalam sebuah kain. Anda bisa menumbuknya hingga hingga hancur seperti bubuk. Setelah itu, bungkusan kain berisi tumbukan beras ini dapat dicelupkanke air hangat, kemudian diusapkan ke wajah. Jangan lupa setelah selesai, bersihkan kembali wajah Anda dengan cara cuci muka dengan air dingin lalu keringkan.

Artikel perawatan wajah lainnya
3 Cara alami memutihkan wajah
Membuat masker wajah alami buatan sendiri

Salah satu dari dua metode di atas dapat Anda pilih sebagai cara mencerahkan kulit wajah dengan memanfaatkan kandungan bermanfaat yang terdapat pada beras. Jika dilakukan secara reguler dan telaten, Anda bisa memiliki kulit wajah yang sehat, bening, dan cerah.