Halo Wajah Ayu !!! Selamat datang di blog solusi sehat badan, blog khusus berbagi tips kesehatan dan perawatan kecantikan

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku

Wajah Ayu. Memiliki kulit tubuh yang sehat tentu akan membuat penampilan menjadi menarik, segar, dan cantik. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang cukup sangat bermanfaat bagi kulit tubuh, rambut, dan kuku kita. Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa nutrisi sangat penting bagi kesehatan kulit, sebaliknya jika kekurangan nutrisi maka kulit akan rentan terhadap berbagai penyakit.

Makanan penting bagi kulit, rambut dan kuku



Beberapa jenis makanan berikut memiliki kandungan nutrisi yang paling bermanfaat bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

1. Alpukat

Dalam dunia kecantikan tentu alpukat sangat popular untuk perawatan kulit karena selain mengandung serat dan vitamin C, alpukat juga mengandung vitamin E dan lemak sehat. Vitamin E dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang larut dalam lemak dan memiliki kualitas photoprotective yang akan memberi perlindungan kulit dari radiasi UV serta mencegah peradangan. Zat antioksidan yang terkandung dalam alpukat dipercaya akan dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Sayuran hijau

Anda tentu sudah sangat familiar dengan sayuran bayam, perlu diketahui bahwa bayam merupakan sumber fitonutrien (sebuah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tetapi memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan atau memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. *Wikipedia). Namun secara khusus, bayam menawarkan dua nutrisi penting yaitu lutien dan beta-karoten yang terbukti sangat berguna bagi elastisitas kulit.

Sayuran hijau juga mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang akan membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Vitamin C juga akan membantu meningkatkan produksi kolagen serta akan meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

3. Makanan Fermentasi

Timbulnya jerawat pada kulit juga disebabkan karena kondisi usus yang tidak dapat mencerna makanan yang kita makan yang mengkibatkan susah menyerap nutrisi. Makanan fermentasi merupakan bakteri sehat yang bagus untuk usus kita karena akan membuat fungsi usus berjalan lebih baik dan akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan fermentasi akan memberikan probiotik, vitamin dan enzim dalam tubuh kita.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber gizi yang kaya akan asam lemak omega, vitamin, antioksidan dan mineral. Seperti halnya alpukat, kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti yang sudah disebutkan diatas.

5. Telur

Biotin yang terkandung pada kuning telur merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan rambut dan kuku. Biotin pada kuning terlur merupakan vitamin B (B7) yang akan menguatkan rambut dan kuku, jika tubuh kekurangan atau rendah tingkat biotin-nya maka akan berakibat rambut menjadi rontok dan kuku yang rapuh.

Namun untuk mendapatkan manfaat dari telur tersebut, maka anda harus mengkonsumsi telur dari ayam yang sehat dan bebas dari kandang sehingga terkena sinar matahari seperti jenis ayam kampung.

Selain beberapa makanan-makanan tersebut, kesehatan kulit, rambut dan kuku juga tergantung pada faktor gaya hidup lainnya seperti olahraga, tidur yang cukup, serta asupan air. Hal yang terpenting adalah lakukanlah selalu pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku.
*referensi artikel ehow baca juga artikel tips menghilangkan flek hitam di wajah